Selasa, 06 Juni 2017

makalah teknologi pendidikan Sumber (Resources) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama Islam

uniramalang.ac.id

Sumber (Resources) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama Islam 
Makalah Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Tugas Perkuliahan
“ Teknologi Pendidikan”
Dosen Pengampu : Rohmatulloh M,Pd.I.
Disusun oleh :
Achmad Ni’am              (201564010002 )
Hidayatul Mukaromah  ( 201564010028 )
Hasil gambar untuk logo unira malang
Fakultas Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Universitas Raden Rahmat
Jl. Raya Mojosari No. 02, Kepanjen, Malang
2017

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
     Teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang tepat dan sumber daya. Sumber daya jangka dipahami untuk memasukkan alat-alat, bahan, perangkat, pengaturan, dan orang-orang bahwa peserta didik berinteraksi dengan untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja. Kedua jenis sumber daya (khususnya, sumber daya teknologi) dan bagaimana sumber daya tersebut digunakan (tepat) berfungsi untuk membedakan apa yang dilakukan oleh teknologi pendidikan dari upaya-upaya serupa di bidang lain. Bab ini dimulai dengan karakteristik mendefinisikan, dan kemudian, itu survei evolusi dari berbagai jenis sumber daya dan survei bagaimana muncul teknologi telah mempengaruhi lapangan. Bagian kedua dari bab ini membedakan media yang analog dan digital, memeriksa secara lebih mendalam bagaimana alat digital telah mengubah lanskap teknologi pendidikan. Hal ini juga membahas bagaimana pengaturan dan orang-orang yang menggunakan sumber daya.

B.       Rumusan Masalah
1.      Apa saja sumber – sumber teknologi pendidikan ?
2.      Bagaimana penerapan sumber teknologi terhadap Pendidikan Agama Islam ?

C.      Tujuan
1.      Mengetahui sumber – sumber teknologi pendidikan
2.      Mengetahui penerapan sumber teknologi terhadap Pendidikan Agama Islam


BAB II
PEMBAHASAN

A. Sumber – Sumber Teknologi Pendidikan
        1. Sumber yang Tepat Digunakan
                    Istilah yang tepat digunakan untuk memodifikasi sumber daya menunjukkan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam pendidikan harus dipilih dengan pertimbangan kesesuaian mereka dan kompatibilitas dengan tujuan pendidikan. Kriteria pertama kesesuaian adalah bahwa mereka harus dipilih melalui proses yang memenuhi standar profesional. Sebuah standar profesional kedua adalah bahwa anggota mengikuti “suara prosedur profesional untuk evaluasi dan pemilihan bahan dan peralatan” (AECT).
                    Makna dari tepat  ini untuk menyinggung yang digunakan pendidikan secara umum, misalnya, pemilihan bahan untuk koleksi sekolah media-center atau koleksi sumber daya pusat perusahaan. Ketika sumber daya yang sedang dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bagian dari pelajaran atau program instruksional.
                    Kriteria efektivitas dan efisiensi sekarang harus disertakan. Efektivitas mengacu pada kesesuaian dan kompatibilitas sumber daya yang diberikan berkaitan dengan tujuan instruksional tertentu kemungkinan menghasilkan hasil dan positif keberlanjutan dalam pengaturan lokal. Efisiensi mengacu pada penggunaan yang bijaksana waktu dan sumber daya, termasuk upaya teknologi pendidikan itu sendiri, karena anggaran setiap orang terbatas, pembeli harus mempertimbangkan mana perangkat keras dan perangkat lunak akan memberikan manfaat terbesar bagi sebagian besar peserta didik atau manfaat terbesar bagi keberhasilan organisasi.

2.Sumber yang Dirancang Versus Sumber yang Siap Dimanfaakan
                    Untuk menjelaskan jenis sumber daya yang tersedia untuk membantu memfasilitasi pembelajaran, penulis laporan 1972 definition (AECT) membuat pembedaan yang bermanfaat antara sumber daya dengan desain dan sumber daya dengan pemanfaatan.
                    Beberapa sumber dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran karena mereka secara khusus dirancang untuk tujuan pembelajaran. Ini biasanya disebut "bahan ajar atau sumber daya." Sumber lain ada sebagai bagian dari normal, dunia sehari-hari, tetapi dapat ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk tujuan pembelajaran. Ini kadang-kadang disebut "sumber daya dunia nyata." Dengan demikian, beberapa sumber daya menjadi sumber belajar dengan desain dan lain-lain menjadi sumber belajar dengan pemanfaatan. Pembedaan ini penting karena membuat jelas posisi "noninstructional, dunia nyata" sumber daya serta sumber daya yang dirancang sebagai bidang perhatian untuk teknologi pendidikan.
                    Tanpa definisi inklusif ini, orang-orang "sumber daya dunia nyata" belum tentu ditujukan untuk penggunaan instruksional mungkin tidak dianggap sebagai sumber daya. Gagasan ini dinyatakan dengan jelas dalam definisi 1994: "Sumber daya sumber dukungan untuk belajar, termasuk sistem dukungan dan bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber daya dapat mencakup apa pun yang tersedia untuk membantu individu belajar dan melakukan kompeten.”[1] Hal ini penting untuk memasukkan "sumber daya dengan pemanfaatan" dalam definisi saat ini, terutama dengan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan jenis sumber daya informasi lingkungan belajar yang kaya. Apakah mereka analog atau digital, yang digunakan oleh desain atau pemanfaatan, sumber daya memainkan peran integral dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja.

3.Sumber Alat, Bahan dan Perangkat
                    Sebagai teknologi telah muncul dan berkembang, istilah  alat, bahan, dan perangkat telah digunakan dalam banyak cara. Contoh spesifik dari penciptaan, penyimpanan, dan penggunaan video pelatihan, yang menyediakan salah satu cara konseptualisasi hubungan antara istilah-istilah ini,
                    Selain alat-alat, bahan, dan perangkat, istilah media yang juga digunakan di lapangan, meskipun dengan sejumlah arti yang berbeda. Dalam bahasa populer, "media" mengacu pada perusahaan komunikasi massa (bisnis misalnya, radio, televisi, atau koran). Dalam teknologi pendidikan, istilah secara historis telah digunakan untuk menunjuk sistem pengiriman melalui mana pesan disampaikan dengan hal-pengguna dicetak, proyeksi masih-gambar, televisi, radio, film suara, dan sejenisnya. atau bisa lihat bahan ajar sendiri-biaya overhead transparansi, slide, filmstrips, kaset, dan sejenisnya. Saat ini istilah ini paling sering digunakan untuk merujuk pada perangkat fisik yang menyimpan data (misalnya, disket, flash drive, CD, kaset video, atau DVD-ROM). Dengan demikian, ia cenderung menjadi istilah mencakup semuanya yang bisa mengacu pada alat, bahan, atau perangkat.
        a. Alat Analog, Material, dan Alat
                    Dalam penggunaan sehari-hari, analog hanya berarti sesuatu yang menyerupai sesuatu yang lain. Oleh karena itu, analogi adalah obyek atau ide yang digunakan sebagai titik acuan untuk menjelaskan beberapa ide lain. Istilah ini memiliki arti yang lebih teknis di bidang teknik di mana sinyal analog adalah salah satu yang continuously variable dalam waktu dan lebar ayunan-sebagai lawan sinyal digital, yang baik off atau; mereka tidak continuously variable.
                    Dengan ekstensi, istilah analog digunakan untuk merujuk kepada semua media AV yang tidak didigitalkan, seperti slide, filmstrips, dan film, serta kaset dan kaset video. beberapa akan mempertimbangkan ini artefak sejarah, karena mereka sebagian besar digantikan oleh setara digital, terutama untuk kompresi lebih besar penyimpanan dan transmisi lebih mudah melalui jaringan komputer.      Namun, media analog terus dihargai untuk kesetiaan mereka yang tinggi reproduksi (misalnya, slide yang memproyeksikan gambar besar dalam definisi tinggi) dan kegunaan mereka tanpa intermediasi komputer.
                    Meskipun kemajuan saat ini di lapangan jelas berpusat pada penggunaan sumber daya digital, warisan lapangan adalah dalam penggunaan sumber daya analog untuk meningkatkan pendidikan. bahkan di tengah-tengah apa yang banyak dilihat sebagai sebuah revolusi digital, sumber-terutama analog overhead projector, VCR, dan disusun secara lokal materi cetak-tetap merupakan bagian integral dari sebagian besar pengaturan instruksional. atribut penting dari sumber-termasuk analog definisi tinggi, kemudahan pembuatan, customizability, dan hambatan pengetahuan yang lebih rendah untuk digunakan-akan cenderung memastikan bahwa mereka akan terus digunakan di berbagai lingkungan belajar mengajar baik ke masa depan.
        b. Alat digital, Material, dan Alat
                    Media digital adalah mereka yang disimpan dan ditransmisikan dengan cara menggunakan kode digital, biasanya biner kode-0 atau 1, mati atau hidup. tidak seperti media yang analog, representasi-digital serangkaian nol dan yang-tidak memiliki kemiripan dengan gambar asli atau suara, yang mungkin awalnya dicatat melalui cara-cara analog. Keuntungan dari penyimpanan digital adalah bahwa data umumnya lebih mudah untuk memanipulasi, lebih kompak untuk menyimpan, dan presentasi yang dihasilkan dapat ditularkan atau direproduksi beberapa kali tanpa kehilangan kualitas.
                    Saat ini, format khas media digital adalah menampilkan komputer, halaman Web, compact disc (CD), cakram video digital (DVD), video game, dan e-book. Sulit untuk memprediksi alat, bahan, atau perangkat akan terjadi di lima, sepuluh, atau dua puluh tahun. tren saat ini dan kemajuan dalam kemampuan alat digital dan perangkat, bersama dengan cara-cara inovatif untuk menggunakan mereka, arahkan ke tren komersial di masyarakat untuk menggabungkan fungsi dan fitur bersama menjadi satu teknologi yang terintegrasi.  Teknologi pendidikan saat ini sering bekerja dengan teknologi yang terintegrasi digital untuk lebih memudahkan pembelajaran dan meningkatkan kinerja dalam berbagai pengaturan. Saat ini, yang paling umum digunakan teknologi yang terintegrasi, dari perspektif hardware, adalah komputer pribadi.
                    Komputer. Meskipun sangat berguna, versi awal dari teknologi analog terintegrasi sering memiliki kelemahan menjadi rumit dan membutuhkan tingkat tinggi keahlian teknis. Komputer terutama komputer rumah menawarkan potensi kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang teknologi terpadu lainnya telah kekurangan. Komputer gabungan beberapa fungsi dari alat sebelumnya dan perangkat, dan disampaikan instruksi dalam paket yang mudah dan nyaman untuk instruktur dan pelatih.
                    Komputer saat ini alat utama yang bahan ajar diciptakan. Pengolah kata mungkin setara digital dari pensil dan kertas dalam hal itu dianggap dimana-mana selalu tersedia dan kebutuhan telanjang untuk membuat bahan ajar. Cara yang paling khas menyimpan (tabungan) bahan ajar digital hard drive internal, floppy disk, CD, DVD, USB flash drive, atau server Internet.
                    Internet dan Jaringan luas Dunia. Mungkin menambahkan fungsi yang paling signifikan dari komputer adalah akses ke Internet pada 1990-an. Peningkatan pesat dalam koneksi ke Internet di awal 1990-an sangat memperluas potensi untuk berbagi informasi di kejauhan. Dalam hal fungsi yang terintegrasi, komputer siap-Internet secara umum menggantikan sebagian besar alat dan perangkat yang mendahuluinya. Sedangkan bahan tentu yang paling instruksional diciptakan dengan komputer pribadi, dan sering pengolah kata, tren saat ini mengarah ke penekanan peningkatan pada penciptaan bahan ajar untuk World Wide Web, dengan berbagai alat yang tersedia untuk tujuan ini.
                    World Wide Web browser berbasis komputer (misalnya, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, safari Apple, dan Microsoft Internet explorer) saat ini merupakan sarana utama mengakses bahan ajar di Internet. Jenis bahan ajar tersedia untuk digunakan dengan komputer termasuk perangkat lunak pendidikan, game pendidikan, simulasi instruksional, software edutainment, video instruksional, bahan referensi, rekaman audio, dan film. Sementara sebagian besar bahan ini tersedia melalui CD atau DVD, tren saat ini mengarah ke mengakses materi digital secara langsung melalui internet.
                    Lingkungan interaktif. Pendidik telah lama menghargai nilai metode yang melibatkan peserta didik secara mendalam dalam pengaturan masalah realistis. simulasi dan permainan simulasi memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi situasi dinamis yang kompleks, seperti konflik antar individu dan kelompok. salah satu hambatan untuk pengembangan dan adopsi seperti lingkungan belajar interaktif di masa lalu adalah bahwa potensi distribusi terbatas.
                    Pencarian Jaringan. Awal, pendidik melihat Web sebagai database yang sangat besar yang dapat digunakan oleh siswa untuk menghasilkan jawaban mereka sendiri untuk pertanyaan. Dodge (1995) menciptakan format WebQues untuk perancah informasi pengalaman pemecahan masalah. Sebuah WebQuest terdiri dari setidaknya empat komponen: sebuah pengantar yang menetapkan konteks untuk tugas siswa, tugas penyelidikan atau pencarian, satu set situs Web terpilih dengan informasi yang relevan dengan pencarian, dan saran tentang bagaimana untuk memproses informasi yang dapat ditemukan pada Web.
                    Berbasis web jarak jauh pendidikan. Pendidikan jarak jauh dimulai pada abad ke-19 menggunakan korespondensi melalui surat. Itu terus melalui sebagian besar abad ke-20 dengan radio, maka televisi, ditambahkan ke campuran media. Pada 1980-an, sebagai Internet tumbuh untuk mencakup banyak pengguna rumah serta pusat komputer institusional menjadi layak untuk menawarkan pelajaran jarak jauh pada konferensi komputer untuk komunikasi antara siswa dan instruktur.
                    Sistem manajemen kursus. Aplikasi perangkat lunak yang memberikan dorongan untuk instruksi berbasis Web adalah sistem manajemen kursus (CMS), yang dikembangkan pada akhir 1990-an dan momentum berkumpul di awal 2000-an. CMS adalah stelan aplikasi, mengikat bersama semua layanan yang disebutkan sebelumnya, sehingga siswa dapat log in sekali dan memiliki semua layanan komunikasi mereka tersedia dengan satu klik, tanpa melompat masuk dan keluar dari Web.
                    Muncul aplikasi. Ada banyak janji pendidikan dalam fungsi dan fitur aplikasi Internet dan Web baru yang muncul. Weblog (blog), misalnya, memberikan tingkat tinggi interaktivitas antara pengguna, yang bisa menjadi instruktur dan peserta didik. guru dapat memposting online informasi program terbaru bagi siswa, dan para guru dan siswa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam sangat interaktif, hingga ruang online menit di mana mereka dapat menempatkan teks, gambar, video, dan musik untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diberikan domain konten.
                    Media mobile. Selain itu, sementara sebagian besar akses Internet dicapai melalui komputer desktop siap-Internet, telah terjadi kecenderungan mengakses internet melalui lebih kecil, perangkat portable seperti telepon digital, jam tangan, komputer laptop, komputer kompak, komputer genggam, dan personal digital assistant (PDA). Sumber daya ini, bersama dengan teknologi mobile lainnya seperti perangkat game dan MP3 player, menjadi lebih dan lebih norma dan suatu hari nanti dapat menggantikan komputer desktop sebagai cara utama di mana informasi di Internet (misalnya, e-mail, forum diskusi, blog, wiki, dan aplikasi lainnya) diakses dan berinteraksi dengan.
                    Sistem Elektronik Pendukung Kinerja (EPSS). sistem pendukung kinerja elektronik (EPSS) mungkin terbaik digambarkan sebagai database elektronik diakses Web yang menyediakan informasi dalam hanya dalam waktu mode untuk karyawan dalam suatu organisasi. Sebuah EPSS sering mengambil bentuk dari "bantuan" sistem untuk membantu karyawan memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan.
B. Penerapan Sumber Teknologi Pendidikan Terhadap Pendidikan Agama Islam
                    Secara falsafi, dasar keilmuan itu meliputi: ontology atau rumusan tentang gejala pengamatan yang dibatasi pada suatu pokok telaah khusus yang tidak tergarap oleh bidang telaah lain; epistemology yaitu usaha atau prinsip intelektual untuk memperoleh kebenaran dalam pokok telaah yang ditentukan; dan askiologi atau nilai-nilai yang menentukan kegunaan dari pokok telaah yang ditentukan, yang mempersoalkan nilai moral atau etika dann nilai seni dan keindahan atau estetika.[2]Beberapa anggapan yang disepakati sebelum membahas dasar patokan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: 1). Lingkungan yang selalu berubahubah, 2).Jumlah penduduk yang semakin bertambah, 3). Sumber-sumber tradisional semakin terbatas, 4). Hak setiap pribadi untuk dapat berkembang semaksimal mungkin, 5). Masyarakat berbudaya teknologi.[3]
        Berdasarkan anggapan diatas dapat diketahui bahwa ada serangkaina gejala - gejala yang belum tergarap secara baik antara lain:
        1. Adanya sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya, baik yang diperoleh oleh suatu lembaga khusus, maupun yang diperoleh secara mandiri.
        2. Adanya berbagai sumber yang belum dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
        3. Perlu adanya suatu usaha khusus yang terarah dan terancam untuk menggarap sumber-sumber terebut agar dapat terpenuhi hasrat belajar seseorang
        4. Perlu adanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efesien dan selaras.
                    Keempat gejala di atas merupakan rujukan bidang garapan teknologi pendidikan. Pendekatan yang berbeda “doing it differently” menjamin hasil yang diharapkan. Pendekatan ini mempunyai empat syarat pendekatan yaitu:[4]
        1. Pendekatan isomeristik, yaitu yang menggabungkan berbagai kajian/didang keilmuan ke dalam suatu kebutuhan tersendiri.
        2. Pendekatan sistematik, yaitu dengan cara yang berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalan.
        3. Pendekatan sinergistik, yaitu yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan dibandingkan dengan bila kegiatan itu dijalankan sendiri-sendiri.
        4. Pendekatan sistemik, yaitu pengkajian secara menyeluruh.[5]
                    Teknologi pendidikan merupakan disiplin ilmu terapan, artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan dilapangan, dengan kata lain adalah kebutuhan belajar. Penerapan teknololgi pendidikan dalam pembelajaran dimaksudkan agar belajar lebih efektif, efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat dan lebih bermakna bagi kehidupan orang yang belajar. Ditinjau dari pengertian teknologi secara umum adalah proses yang dapat meningkatkan nilai tambah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja stuktur, yang dimana proses dan produk tersebut dikembangkan dan digunakan, semua bentuk teknologi adalah sistem yang diciptakan oleh manusia untuk maksud dan tujuan tertentu untuk mempermudah manusia dalam meringankan usahanya, meningkatkan hasilnya, dan menghemat tenaga dan sumber daya yang ada.[6]
                    Menelusuri pandangan al-Qur’an tentang teknologi, mengundang kita menengok kepada sekian banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan alam raya. Menurut para Ulama terdapat sekitar 750 ayat al-Qur’an yang berbicara tentang alam raya dan fenomenanya, dan memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkannya. Adanya potensi dan tersedianya lahan yang diciptakan Allah, serta ketidakmampuan alam raya untuk membangkang perintah-Nya, kesemuanya mengantarkan manusia berpotensi untuk memanfaatkan yang ditundukkan Tuhan itu. Keberhasilan memanfaatkan alam itulah buah teknologi.
                    Peningkatan mutu pendidikan semakain diarahkan pada perluasan inovasi pembelajaran baik pada pedidikan formal maupun non-formal dalam rangka mewujudkan proses yang efisien, menyenangkan dan mencerdaskan sesuai tingkat usia, kematangan, serta tingkat perkembangan peserta didik. Sebagai bidang Teknologi Pendidikan merupakan penerapan teori dan praktik secara terpadu mencakup kelima domain atau kawasan, yaitu Design, Development, Utilization, Management, Evaluation. Bidang kegiatan tersebut semuanya tertuju untuk memecahkan masalah belajar manusia. Sebagai profesi Teknologi Pendidikan terbentuk dari usaha yang direncanakan secara sistematis (terorganisir) guna melaksanakan teori, teknik intelektual dan penerapan praktis Teknologi Pendidikan. Sebagaimana konsep yang tertera pada Associate Educational Comunication and Technology, berikut ini: Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.[7]
                    Pengetahuan tentang hal terakhir ini mengantar ilmuan kepada rahasiarahasia alam, dan pada gilirannya mengantarkan pada penciptaan teknologi yang menghasilkan kemudahan dan manfaat bagi manusia. Disini kita menoleh kepada teknologi dan hasil-hasil yang telah dipersembahkannya. Kalaulah untuk mudahnya kita jadikan alat atau mesin sebagai gambaran kongkrit tentang teknologi. Mesin - mesin dari hari ke hari semakin canggih. Mesin-mesin tersebut dengan bantuan manusia bergabung satu dengan lainnya. Sehingga ia semakin kompleks, ia tidak bisa lagi dikendalikan oleh seorang, namun ia dapat melakukan pekerjaan yang dilakukan banyak orang. Dalam tahap ini, mesin telah menjadi semacam “seteru” manusia, atau hewan yang harus disiasati agar ia mau mengikuti kehendak manusia. Dewasa ini, lahir teknologi, khususnya dibidang rekayasa genetika, yang dapat mengarah untuk menjadikan alat sebagai bantuan, bahkan menciptakan bakal-bakal alat yang akan diperbudak dan tunduk kepada alat. Tetapi jika hasil teknologi sejak semula diduga dapat mengalihkan manusia dari asal tujuan penciptaan, maka sejak dini Islam menolak kehadiran hasil-hasil teknologi.
                    Karena itu menjadi persoalan bagi martabat kemanusiaan bagaimana memadukan kemampuan mekanik manusia untuk menciptakan teknologi, dengan pemeliharaan nilai-nilai fitrahnya. Bagaimana mengarahkan teknologi sehingga dapat berjalan seiring dengan nilai-nilai Rabbany, atau dengan kata lain bagaimana memadukan antara fikir , dzikir, ilmu, dan iman.
                    Pendidikan dianggap tidak berhasil apabila tidak menghasilkan keterikatan pada syariat Islam walaupun peserta didik menguasai ilmu pengetahuan. Pendidikan Islam adalah upaya sadar yang terstruktur, terprogram, dan sistematis yang bertujuan mengembangkan manusia yang berkepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam, dan menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dan seni) yang memadai, dan selalu menyelesaikan masalah kehidupan sesuai dengan syariat Islam.
                    Seorang peserta didik harus dikembangkan semua jenis kecerdesannya baik itu intelektual, spiritual, emosional, dan politiknya. Kompetensi penguasaan ilmu yang cukup mencakup tsaqofah Islam maupun ilmu kehidupan, disertai sikap seseorang atas dasar Islam akan membuat ia selalu menyelesaikan segala masalah yang dihadapinya sesuai dengan syariat Islam baik itu masalah pribadi, keluarga, masyarakat, dan Negara.









BAB III
KESIMPULAN
                    Dari penjelasan sebelumnya dapat diambil benang merahnya bahwa teknologi dan pendidikan merupakan dua elemen yang sangat besar peranannya dalam mengembangkan dan meningkatkan kepribadian seseorang. Hal ini dapat diindikasikan melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang menggunakan teknologi dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dengan teknologi, kegiatan pendidikan akan lebih variatif, penggunaan media akan menambah kreatifitas siswa dan keterampilan serta penguasaan siswa terhadap materi pelajaran akan lebih komplek.
                    Penggunaan teknologi atau media dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan pelajaran yang disampaikan agar hasil yang diperoleh maksimal. Di samping itu, juga disesuaikan dengan kemampuan peserta didiknya. Peran teknologi dalam pengembangan kemampuan anak didik cukup signifikan sehingga menunut pendidik agar mampu menggunakan teknologi dengan baik, karena dengan teknologi penyapaian materi akan lebih variatif dan kegiatan akan semakin menarik.
                    Dalam mengembangkan pendidikan agama Islam, perlu memperhatikan kebijakan yang kemudian diterjemahkan ke dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga kegiatan pembelajaran berjalan sebagaimana yang diamanahkan. Dalam hal ini, pendidik merupakan salah satu unsur penting, mulai dari memilih materi, teori, metode, teknik, strategi maupun media pembelajaran.










DAFTAR PUSTAKA

Alan Januszewski & Michael Molenda, Educational Technology: A Definition with Commentary, (Laurence Erlbaum Associates, 2008)
Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011)
Dessy Anwar, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Karya Abditama, 2001)
http://www.arches.uga.edu/~cutshall/tomitdef.html
Komaruddin, Ensiklopedi Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994).
        Nasution, Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Prawiradilaga, Salma, Dewi, dan Siregar, Eveline. Mozaik Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)
Richey R.C, Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field, (TechTrends: 2008)
Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2012)
Yusuf Hadi Miarso, Menyamai Benih Tekhnologi Pendidikan, (PT. Kencana).
Yusuf Hadimiarsa, Teknologi Komunikasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali, 1986)
Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)




[1] Seels & Richey, 1994, hal. 12
[2] Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007), hal 87
[3] Prawiradilaga, Salma, Dewi, dan Siregar, Eveline. Mozaik Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008), hal 39
[4] Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Depok ; PT Raja Grafindo Persada, 2012), hal 69.
[5] Http//estehgulabatu.wordpress.com/2011/11/13/perkembangan-konsep-dan-penerapanteknologi-pendidikan (Diunduh tanggal 08 Maret 2017)
[6] Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011), hal 73
[7] Alan Januszewski & Michael Molenda, Educational Technology: A Definition with Commentary, (Laurence Erlbaum Associates, 2008), hal 102.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ppt UAS